Apa itu Virtual Account? Pengertian dan Manfaatnya Dalam Transaksi Keuangan Digital

13 April, 2023 | News

Share:

Virtual Account

Virtual account atau akun virtual adalah jenis akun yang digunakan untuk menerima pembayaran elektronik secara online. Virtual account ini biasanya digunakan oleh perusahaan atau bisnis dalam menerima pembayaran dari pelanggan atau konsumen mereka.

Saat ini, transaksi keuangan semakin banyak dilakukan secara online, sehingga virtual account menjadi semakin populer sebagai alternatif untuk menerima pembayaran. Virtual account ini bisa diakses dan digunakan melalui internet banking, mobile banking atau aplikasi pembayaran online.

Virtual account memiliki nomor unik dan terpisah dari nomor rekening utama perusahaan atau bisnis. Nomor virtual account ini biasanya terdiri dari beberapa angka dan kode unik yang membedakan setiap transaksi.

Sejarah Virtual Account

Virtual account memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi keuangan tanpa harus melalui rekening bank konvensional. Namun, sebelum virtual account ada, bagaimana sejarahnya?

Pada awalnya, sistem pembayaran dilakukan secara manual dan konvensional. Transaksi antara penjual dan pembeli dilakukan melalui tunai atau menggunakan cek. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi mulai berkembang pesat dan sistem pembayaran pun mulai beralih ke sistem yang lebih canggih, seperti penggunaan kartu kredit dan internet banking.

Baca juga : Apa itu Pembayaran Online? Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya

Pada tahun 2001, Indonesia memiliki sistem pembayaran elektronik yang dikelola oleh Bank Indonesia dengan nama Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). GPN bertujuan untuk memudahkan transaksi keuangan dalam negeri dengan cara elektronik. GPN berhasil memperkenalkan Virtual Account pada tahun 2010, yang saat itu dikenal dengan nama Virtual Account Number (VAN).

VAN pada awalnya diciptakan untuk memudahkan transaksi e-commerce yang semakin berkembang di Indonesia. Dengan VAN, pembeli dapat melakukan pembayaran dengan cara transfer melalui ATM atau internet banking tanpa harus menggunakan nomor rekening penjual. VAN juga memungkinkan pembeli untuk melacak status pembayaran mereka secara online, sehingga memudahkan dalam memastikan apakah pembayaran telah berhasil atau belum.

Pada tahun 2014, Bank Indonesia melakukan penyesuaian terhadap sistem pembayaran nasional dengan dikeluarkannya kebijakan tentang Sistem Pembayaran Indonesia (SPI). Kebijakan ini memuat regulasi tentang penggunaan virtual account dalam sistem pembayaran. Dalam regulasi tersebut, Bank Indonesia menetapkan aturan tentang persyaratan virtual account, penggunaan virtual account, serta tata cara pelaporan transaksi yang menggunakan virtual account.

Sejak itu, virtual account semakin populer di Indonesia dan banyak bank mulai menawarkan layanan virtual account untuk memudahkan transaksi keuangan pelanggannya. Dalam perkembangannya, penggunaan virtual account juga semakin berkembang di berbagai negara dan semakin banyak pihak yang mengembangkan inovasi di bidang pembayaran digital.

Virtual Account telah menjadi inovasi penting dalam sistem pembayaran yang semakin digital. Dengan penggunaan virtual account, transaksi keuangan dapat dilakukan dengan lebih mudah, cepat, dan aman. Virtual account juga membuka peluang bagi berbagai pihak untuk mengembangkan inovasi di bidang pembayaran digital dan semakin memudahkan transaksi keuangan bagi pengguna di seluruh dunia.

Keuntungan Menggunakan Virtual Account

1. Efisien dan mudah digunakan 

Pembayaran dapat dilakukan dengan mudah dan cepat melalui transfer bank, internet banking atau mobile banking.

2. Aman dan Terjamin

Penggunaan virtual account memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi daripada pembayaran tunai atau cek. Selain itu, pembayaran melalui virtual account dilakukan secara otomatis sehingga risiko kesalahan manusia dapat dihindari.

3.Monitoring transaksi yang lebih baik

Virtual account memungkinkan perusahaan atau bisnis untuk memantau pembayaran pelanggan mereka dengan lebih mudah dan cepat. Informasi tentang transaksi dapat diperoleh secara real-time dan memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi pembayaran yang belum diterima atau terlambat.

4. Dapat Di Customize 

Virtual account dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan atau bisnis, seperti mengatur batas waktu pembayaran dan memuat informasi tambahan tentang transaksi.

Manfaat Virtual Account Dalam Transaksi Keuangan Digital

Virtual account merupakan sebuah akun virtual yang digunakan untuk menerima pembayaran secara elektronik. Dalam era digital seperti saat ini, transaksi keuangan semakin berkembang dan semakin banyak dilakukan secara online. Penggunaan virtual account menjadi salah satu solusi untuk memudahkan dan mempercepat proses transaksi keuangan.

Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan virtual account dalam transaksi keuangan digital:

1. Memudahkan proses pembayaran

Penggunaan virtual account dapat memudahkan proses pembayaran bagi pelanggan atau konsumen. Pelanggan dapat melakukan pembayaran melalui transfer bank, internet banking atau mobile banking dengan mudah dan cepat.

2. Keamanan transaksi yang lebih tinggi

Pembayaran melalui virtual account memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi daripada pembayaran tunai atau cek. Penggunaan virtual account dapat menghindari risiko kehilangan uang dan kesalahan transaksi.

3. Mempercepat proses transaksi keuangan

Virtual account memungkinkan proses transaksi keuangan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien. Transaksi dapat dilakukan secara otomatis dan informasi tentang transaksi dapat diperoleh secara real-time.

4. Memantau transaksi dengan mudah

Virtual account memungkinkan perusahaan atau bisnis untuk memantau pembayaran pelanggan mereka dengan lebih mudah dan cepat. Informasi tentang transaksi dapat diperoleh secara real-time dan memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi pembayaran yang belum diterima atau terlambat.

5. Hemat biaya dan waktu

Virtual account dapat menghemat biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk membuka rekening di masing-masing bank yang berbeda. Dengan menggunakan virtual account, perusahaan atau bisnis dapat memproses pembayaran dari berbagai bank tanpa harus membuka rekening di masing-masing bank tersebut.

Baca juga : Apa itu Uang Digital? Ini Pengertian dan Implikasi dalam Era Digital

6. Menambah kemudahan dan fleksibilitas dalam pembayaran

Virtual account dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan atau bisnis. Hal ini dapat memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran dan memberikan fleksibilitas dalam pembayaran, seperti mengatur batas waktu pembayaran dan memuat informasi tambahan tentang transaksi.

Kemudahan Menggunakan Virtual Account di Aplikasi Bayarind

Virtual Account memiliki banyak manfaat dalam transaksi keuangan digital, seperti memudahkan proses pembayaran, memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi, mempercepat proses transaksi keuangan, memantau transaksi dengan mudah, hemat biaya dan waktu, serta menambah kemudahan dan fleksibilitas dalam pembayaran. Penggunaan virtual account dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam proses transaksi keuangan. Oleh karena itu, perusahaan atau bisnis dapat mempertimbangkan penggunaan virtual account untuk mempercepat proses transaksi keuangan mereka dan memberikan pengalaman pembayaran yang lebih baik bagi pelanggan.

BayarInd adalah salah satu aplikasi pembayaran online yang semakin populer di Indonesia. Salah satu fitur unggulan dari aplikasi ini adalah penggunaan virtual account.

Pendaftaran mudah dan cepat

Untuk menggunakan virtual account di BayarInd, pengguna hanya perlu mendaftar dengan mengisi data diri dan nomor handphone. Setelah mendaftar, pengguna akan mendapatkan nomor virtual account yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran.

Mudah digunakan

BayarInd menyediakan tampilan antarmuka yang mudah dipahami dan digunakan oleh pengguna. Pengguna hanya perlu memasukkan nomor virtual account dan jumlah pembayaran yang akan dilakukan. Setelah itu, pengguna dapat memilih metode pembayaran yang tersedia, seperti transfer bank, internet banking atau mobile banking.

Keamanan transaksi yang tinggi

Pembayaran melalui virtual account di BayarInd memastikan keamanan transaksi yang tinggi. BayarInd menggunakan sistem enkripsi untuk melindungi data pengguna dan transaksi yang dilakukan. Selain itu, pengguna juga akan mendapatkan notifikasi setiap kali transaksi berhasil dilakukan.

Fleksibilitas dalam pembayaran

Virtual account di BayarInd dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Pengguna dapat mengatur batas waktu pembayaran dan memuat informasi tambahan tentang transaksi. Selain itu, BayarInd juga menyediakan berbagai metode pembayaran yang dapat dipilih oleh pengguna.

Memudahkan monitoring transaksi

BayarInd menyediakan fitur monitoring transaksi yang memudahkan pengguna dalam memantau pembayaran yang telah dilakukan. Pengguna dapat melihat riwayat pembayaran dan status pembayaran dengan mudah.

Virtual account di aplikasi BayarInd memberikan kemudahan dan keamanan dalam melakukan transaksi pembayaran online. Pengguna hanya perlu mendaftar dengan cepat dan mudah, kemudian dapat menggunakan virtual account untuk melakukan pembayaran dengan berbagai metode pembayaran yang tersedia. Fitur monitoring transaksi juga memudahkan pengguna dalam memantau pembayaran yang telah dilakukan. Oleh karena itu, aplikasi BayarInd dapat menjadi pilihan yang tepat bagi pengguna yang ingin melakukan pembayaran dengan cepat, mudah, dan aman.

Bagikan Artikel:

Muhammad Ermanja
Muhammad Ermanja adalah seorang penulis yang memiliki passion dalam menulis dan sangat memahami bidang teknologi. Kemampuan penulisannya dalam bidang teknologi didasari oleh pengalaman dan pengetahuan yang luas tentang perkembangan terkini dalam teknologi.
Tag : Virtual-Account Pembayaran-Virtual Transaksi-Keuangan
KEMBALI KE ATAS